Berita Bola Online Menunggu Kejutan dari Bundesliga

Menunggu Kejutan dari Bundesliga

Menunggu Kejutan dari Bundesliga

Berita Bola Online – Bundesliga Jerman memang tidak memiliki pamora sehebat La Liga Spanyol, atau pun Premier League di Inggris. Bahkan, mereka masih kalah “wah” dibandingkan Serie A Italia yang sempat terpuruk beberapa tahun lalu akibat kasus skandal Calciopoli. Namun, meski begitu kompetisi level tertinggi di Jerman tersebut masih punya banyak daya tarik bagi penggemar sepakbola. Kemunculan duo Bundesliga, Bayern Muenchen dan Borussia Dortmund di final Liga Champions musim lalu, menunjukkan bahwa Liga Jerman memang patut untuk diperhitungkan. The Bavarians bahkan mampu menaklukkan salah satu kandidat juara Liga Champions musim tersebut, Barcelona dengan agregat tujuh gol tanpa balas.

Makanya, salah jika mengatakan Bundesliga sama sekali tidak menarik untuk ditonton. Selain kedua klub yang musim lalu menjadi juara dan runner-up di liga tersebut itu, masih banyak klub lainnya yang akan membuat para penonton terpikat. Sejumlah klub kecil yang sama sekali tidak diunggulkan juga seringkali memberikan kejutan di sepanjang musim. Kehadiran klub-klub promosi pun turut memanaskan persaingan di Bundesliga. Sebuah sejarah hebat terjadi ketika Kaiserslautern berhasil merebut mahkota Deutscher Meister pada satu setengah dekade silam. Padahal, klub yang saat itu ditangani oleh Otto Rehhagel tersebut baru saja baru naik kasta dari Bundesliga 2, kompetisi divisi satu di negara itu.

Jika melihat musim 2012/2013 lalu, ada Eintracht Frankfurt yang muncul memberikan kejutan bagi penonton Bundesliga. Anak-anak asuh Armin Veh tersebut terus beredar di papan atas klasemen sepanjang musim tersebut. Di akhir musim, mereka pun sukses finis di peringkat enam klasemen, dan masuk ke Liga Europa musim 2013/2014 ini. Selain itu, juga ada Freiburg, yang yang biasanya lebih sering naik turun kasta, bahkan hampir saja terdegradasi pada musim 2011/2012. Tapi, di musim berikutnya, tim yang dibesut Christian Streich ini malah menempati posisi lima klasemen akhir. Bahkan, jika tidak kalah oleh Schalke 04 pada pekan terakhir musim lalu, mereka bisa lolos ke Liga Champions musim ini.

Status sebagai kejutan tersebut, sekarang disandang oleh klub ibu kota, Hertha Berlin. Pada pekan pertama Bundesliga musim ini, mereka langsung tampil menggebrak, dengan mencukur Eintracht Frankfurt 6-1. Pada spieltag ketiga, tim yang dilatih Jos Luhukay itu lagi-lagi berhasil memetik kemenangan, dengan skor 1-0 saat melawan Hamburg SV. Tidak hanya satu klub, Hoffenheim ternyata juga bisa mengejutkan para peserta lainnya di Bundesliga musim ini. Klub yang bermarkas di Wirsol Rhein-Neckar Arena, Sinsheim ini belum terkalahkan hingga pekan keempat liga. Mereka sukses mengumpulkan enam poin, dari hasil tiga kali seri, dan sekali menang dengan skor telak 5-1 atas Hamburg SV di spieltag kedua.

Hoffenheim sempat menyedot perhatian public sepakbola Jerman pada musim 2008/2009 lalu. Saat itu, mereka berhasil bertengger di puncak klasemen sementara saat libur musim dingin, Sayangnya, musim lalu prestasi klub yang ditangani Markus Gisdol itu malah merosot, bahkan nyaris terdegradasi. Musim ini, mereka sudah siap memberikan kejutan lagi di Bundesliga. Berita Bola Online