Antara Sepak Bola Dan Futsal

Antara Sepak Bola Dan Futsal

Antara Sepak Bola Dan Futsal

Antara Sepak Bola Dan Futsal – Semua penggemar futsal adalah penggemar sepak bola. Tetapi tidak semua penggemar sepak bola adalah penggemar futsal. Premis ini kemudian memang mendapatkan afirmasinya ketika beberapa orang yang suka sepak bola tetapi bahkan tidak bermain futsal sama sekali. Alasan mereka yang tidak menyukai futsal adalah lebar lapangan yang sempit juga tidak bisa membuat skill dribbling mereka berkembang. Khususnya mereka yang berbicara ini adalah orang-orang yang biasa beroperasi sebagai sayap di lapangan hijau sehingga tidak bisa menyisir lapangan dengan puas. Yah memang sepak bola dan futsal memang serupa tapi tidak sama. Futsal sendiri memang adalah solusi dari kekurangan lahan lapangan.

Antara Sepak Bola Dan Futsal – Awalnya para pemain Brazil yang biasa bermain di jalanan kemudian membuat sebuah permainan mini dengan bola mini kecil. Awalnya mereka hanya menyebutnya dengan street soccer. Street Soccer juga kemudian menjamur tetapi tidak menjadi sebuah favorit karena bola yang digunakan berbeda dengan yang digunakan lapangan biasa akibatnya pantulan bola di jalan yang menghantam aspal dan konblok memantul tidak karuan sehingga sering kali perkiraan pemain tidak tepat. Street soccer inilah yang kemudian disempurnakan menjadi futsal. Futsal berkembang dengan cepat dari Brazil ke Portugal dari Portugal ke Spanyol dan oleh orang Spanyol dan beberapa pengurus FIFA mengusulkan ada kompetisi tersendiri untuk futsal ini.

Antara Sepak Bola Dan Futsal – Para pemain lokal futsal sendiri dulunya adalah para pemain sepak bola nasional. Contoh yang paling gampang dan terkenal adalah Vernard Hutabarat. Usai kebintangannya redup di ranah sepak bola, Vernard kemudian liburan ke rumah kakeknya di Belanda, di sana dia menemukan sebuah permainan yang sepertinya bisa dia mainkan dan menjadi titik terangnya untuk kembali menuju sinar terang benderang. Ya, permainan yang dia lihat adalah futsal. Segera Vernard mempelajari aturannya dan mengusulkan PSSI untuk membentuk BFN-Badan Futsal Nasional. Vernard kemudian menjadi pelatih sekaligus pemain yang bertanding untuk tim nasional futsal Indonesia yang pertama. Lalu bagaimana dengan sepak bola versus futsal ini? Seharusnya dan idealnya adalah keduanya saling melengkapi dan tidak membenci satu dengan yang lain.

Antara Sepak Bola Dan Futsal – Sepak bola akan tetap menjadi bagian utama dari olahraga yang paling digemari di dunia tetapi tidak lantas kemudian futsal dilupakan begitu saja karena futsal juga bisa menjadi sarana kesehatan dan kejayaan bagi sebuah negara. Kita bisa saja menghasilkan juara dunia futsal kalau melihat lapangan futsal sewaan yang bertebaran di berbagai sudut nusantara ini. Andai kata ada pemandu bakat yang rela berkeliling dari satu lapangan ke lapangan dan menawarkan pelatihan yang memadai, bukan tidak mungkin kemudian Indonesia melahirkan sebuah tim futsal juara dunia. Sehingga dahaga kita akan bahagia untuk negara kita akan datang dari tim ini. Ya semoga saja. Mari berdoa.